Sabtu, 09 Februari 2013

JENIS-JENIS ALAT MUSIK KHAS KAL-TENG


JENIS-JENIS ALAT MUSIK KHAS KAL-TENG

Jenis-jenis alat musik  terdapat di Kal-Teng  adalah sebagai berikut:

Garantung
            Garantung adalah gong yang terdiri dari lima atau tujuh buah, terbuat dari tembaga.





Sarun
            Sarun adalah Alat musik pukul yang terbuat dari besi atau logam.




Salung
            Salung sama dengan sarun, tetapi salung terbuat dari kayu atau bambu.

Kangkanung
            Kangkanung ialah sejenis gong dengan ukuran lebih kecil berjumlah lima biji,terbuat dari tembaga.


Gandang Mara
            Gandang Mara ialah alat musik perkusi sejenis gendang dengan ukuran setengah sampai tigaperempat meter. Bentuk silinder yang terbuat dari kayu dan pada ujung permukaan ditutup kulit rusa yang telah dikeringkan, kemudian diikat rotan agar kencang dan supaya lebih kencang lagi diberi pasak.



Katambung
            Katambung ialah alat musik perkusi sejenis gendang yang biasa digunakan dalam upacara-upacara adat. Ukuran panjang 75 cm terbuat dari kayu ulin dan bagian yang dipukul dengan telapak tangan terbuat dari kulit ikan buntal yang telah dikeringkan berdiameter 10 cm.



Kecapi

Kacapi adalah alat musik petik yang terbuat dari kayu ringan. Di masa lalu tali yang digunakan adalah tengang atau tali liat yang terbuat dari kulit kayu, namun saat ini tengang dapat digantikan dengan tali nilon. Dawai tali kecapi dapat dua, boleh juga tiga. Apabila tali kecapi dipetik nada lagu dapat diatur. Suara kecapi biasanya untuk mengiringi karungut dan Tari kinyah.






Serunai
            Serunai terbuat dari bambu atau kayu.




Guriding/Ketong
            Guriding terbuat dari sejenis tumbuhan hutan yang dalam bahasa Dayak disebut belang atau pohon jako. Yang diambil pelepahnya yang telah tua, kemudian dikeringkan. Setelah kering dipotong-potong berukuran sejengkal. Tengah-tengah guriding berlidah dan ujungnya runcing dan bila dipukul akan mengeluarkan bunyi.




Suling Bahalang
            Suling Bahalang ialah alat musik tiup yang terbuat dari bambu berlubang tujuh.

Suling Balawung
            Suling Balawung ialah alat musik tiup yang terbuat dari bambu berukuran kecil dengan lima lubang di bagian bawah dan satu lubang di bagian atas. Suling Balawang biasa digunakan oleh perempuan.

Kangkanong Humbang
            Kangkanong Humbang ialah alat musik yang terbuat dari bambu.

Rebab
            Rebab ialah alat musik gesek.
   
Tote atau Serupai
            Tote atau Serupai ialah alat musik tiup yang terbuat dari buluh kecil yang telah dikeringkan dan ujung sebelah dalamnya diberi lidah. Pada batang dibuat dua atau tiga buah lubang. Untuk menghasilkan bunyi yang merdu dan menyayat kalbu, tote atau serupai ditiup pada bagian ujungnya.


Babun
            Babun sama dengan kendang.




Kalali atau Suling Panjang
            Kalali atau suling panjang ialah alat musik tiup yang terbuat dari buluh kecil yang telah dikeringkan. Ukuran panjang setengah meter dengan ujung beruas dan dibuat lubang kecil dekat ruas tersebut. Ujung ruas diraut agar dapat dipasang sepotong rotan yang telah diraut pula berbentuk tipis. Buluh dan rotan diikat pada batang kalali, kemudian dibuat lima buah lubang untuk menentukan tinggi rendah nada.

Garunde

Kangkurung

1 komentar: